Twitter Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon

Cara Paling aman Bermain Facebook

Unknown | 09.52 |

Pesona jejaring facebook, semakin hari terus menyihir ribuan orang. Meski hanya baru beberapa tahun muncul, FB telah mampu menggusur kehebohan jejaring social lainya, bahkan juga mampu menandingi pesona blog yang dipatok lebih komunikatif dibanding website atau portal.

Seiring membuminya facebook di sejumlah Negara termasuk Indonesia tercinta kita, sudah barang tentu diperlukan etika dalam bergaul di dunia maya.Ini sangat-sangat penting, terlebih jika jejaring sosial ini digunakan untuk kegiatan lain, seperti bisnis atau media syiar, seperti untuk menyebarkan ajaran agama atau sarana informasi lainya. Berikut sejumlah etika yang layak untuk diterapkan dalam berjejaring sosial.

1. Tulis kan nama anda dengan benar. Mengapa ? karena relasi anda yang baru bergabung ke FB, akan mencari nama asli anda, bukan seperti ini.

2. Pasanglah foto anda sebagai foto profil, agar handai-taulan mengenali wajah anda. Mereka tidak dapat melihat data profil anda sebelum berkenalan, sehingga jangan merasa yakin teman-teman anda pasti tahu. Saat ini masih banyak pengguna FB yang tidak memasang foto aslinya dalam foto foto profil di facebook, atau malah memasang foto benda-benda kesayangannya.

3. Isilah data-data profil anda selengkap-lengkapnya dan sebenar-benarnya. Data ini oleh facebook akan dicocokan oleh pengguna akun FB yang lainya. Kalau ada data yang sama, misalnya sama-sama dari sebuah sekolah yang sama, Facebook akan mengusulkanya kepada anda untuk berteman.

4. Untuk membentuk grup yang terdiri dari atas orang-orang sehobi atau sejaringan, gunakan fasilitas grup, jangan membuat nama grup sebagai nama orang. Misalnya anda ingin membentuk grup Suporter PSIS, maka gunakan fasilitas grup,lalu undanglah teman-teman anda yang kira-kira berminat.
 
5. Berhati-hatilah memakai FB melalui computer public, seperti warnet, kantor, kampus, dan sebagainya. Anda harus menghindari pemakaian login otomatis dan matikan fasilitas Remember me atau Ingat saya. Jika ada pop-up windows ( yang biasanya muncul di layar computer bagian atas window browser kita ) yang bertuliskan remember me atau Ingatkan saya dan bla…bla….blaa…, pilih yang Not now atau Tidak sekarang. Hal ini bertujuan agar akun fb anda tidak bias dilihat passwordnya oleh oknum-oknum yang ngga jelas….

6. Jangan terlalu banyak mengundang orang sebagai teman anda, karena FB membatasi anda hanya boleh mengundang tidak lebih dari 50 akun FB sebagai teman abru. Bila melebihi jumlah ini, akun anda akan ditutup otomatis oleh pengelola FB dan anda tidak dapat berbuat apa-apa selain membuat akun baru dari nol lagi.

7. Berhati-hatilah memuat gambar, foto, cerita dan berbagai item yang ada hak ciptanya. Kalau pengunjung lain tahu dan melaporkannya ke pengelola fb, dan itu cukup dengan meng-klik mouse saja, maka akun anda juga akan segera di-suspend alias ditahan sementara, atau bias jadi ditutup selamanya…. Wooooow….

Itulah sedikit tips agar anda bisa bermain facebook dengan aman dan tenang. semoga bermanfaat.